Aspek Visual Project Next Jadi Sasaran Kritik Penggemar

Dalam beberapa hari belakangan, para pegiat permainan Mobile Legends: Bang-Bang tengah dihebohkan dengan munculnya proyek Next. Munculnya proyek ini dibarengi dengan pembaruan atau update besar yang dilakukan oleh Moonton selaku pengembang permainan.

Ada beberapa hal yang ditekankan dalam project Next ini, misalnya peningkatan dan optimasi. Selain itu, ada aspek visual dan cara bermain atau gameplay  akan dibongkar habis oleh sang pengembang permainan.

Namun demikian, pengembangan besar-besaran ini agaknya tak membuat pemain semakin nyaman bermain. Melansir Kompas, justru ada keluh kesah yang dilontarkan para pemain di media sosial tentang hal ini.

Keluhan ini bisa diihat dalam unggahan resmi Project Next yang ada di media sosial resmi Mobile Legends: Bang-Bang. Umumnya, komentar ini ada hubungannya dengan pembaruan terbaru yang ada di project next.

Baca Juga: Update Patch Terbaru Free Fire

Jika menarik komentar tersebut, keluhan umumnya ditujukan kepada aspek visual dari permaiann, misalnya soal hero atau karakter yang dipakai di dalam permainan dan juga tampilan keseluruhan permainan yang tak lebih baik dari edisi sebelumnya.

Selain tampilan dan karakter pemain atau hero, tampilan item atau equip pun turut untuk dibongkar, sehingga menimbulkan keluhan soal adaptasi permainan yang menjadi semakin sulit.

Kritik Aspek Visual dan Penamaan

Tak hanya elemen visual, masih dikutip dari Kompas, Moonton rupanya melakukan sejumlah cara bermain untuk Mobile Legends: Bang-Bang. Perubahan yang terjadi adalah cara bermain alias untuk jungling.

Sebelumnya, item yang satu ini ada untuk memudahkan pemain melakukan jungling dan membasmi macam-macam musuh untuk meraup gold dan experience tambahan.

Namun demikian, proyek Next meminta pemain wajib untuk memakai kemampuan dalam bertarung atau ‘retribution’ supaya mereka bisa meraup macam-macam item jungling.

Baca Juga: Bigetron RA Duduki Ranking 2 Terbaik Dunia

Retribution sendiri sebenarnya merupakan salah satu dari 12 item pertempuran yang berfungsi untuk mendukung di tengah permainan dan bisa dipilih sebelum masuk ke permainan. Jika sudah memilih spell item ini, para pemain tak akan mampu membeli item jungling sepanjang permainan, yang dibutuhkan oleh beberapa hero yang levelnya ingin ditingkatkan dengan cepat.

Selain itu ada istilah baru yang muncul dalam permainan yang satu ini, misalnya jalur atau lane sebelah atas (top) dan jalur bawah atau bottom diganti menjadi gold lane untuk top lane dan exp lane untuk bottom lane. Seperti namanya, jalur exp lane akan cocok untuk hero dengan jenis fighter dan tank supaya mendapatkan experience ekstra.

Gold Lane cocok untuk hero dengan jenis marksman, supaya mendapatkan gold tambahan dan mendominasi permainan. Menurut sebagian pemain, nama-nama ini membingungkan dan dianggap mencontek permainan tetangga, misalnya Arena of Valor (AoV) dan League of Legends (LoL).

Namu demikian, muncul informasi bahwa proyek next diadakan supaya MLBB bisa dipoles secara visual dan kekuatan antar hero bisa seimbang sesuai dengan peran masing-masing.

Baca juga: Evos Esport Datangkan 2 Pemain Baru Divisi ML Ladies

Suka berita ini? Share yuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *