Cheater semakin “Menggila”, jenis banned mana paling ampuh?

Seperti yang banyak diberitakan oleh media, Pubg mobile masih menjadi salah satu gim dengan cheater yang cukup banyak diantara player aktif mereka. Penggunaan cheatpun juga beragam, mulai dari yang umum seperti aim. Hingga yang cukup ekstrem adalah  memasukkan script script baru, dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga , dan memilih cheat sesuai selera pengguna.

Tencent bukannya tidak bergeming dalam menanggapi fenomena ini. Mereka terus berusaha sekuat tenaga, untuk membasmi para cheater yang membuat lingkungan permainan menjadi tidak sehat. Meskipun, usaha mereka sepertinya masih belum seperti harapan para player sehat, yang terus memberikan report report mereka, meneganai para cheater baik di instagram atau twitter resmi dari pubgmobile.

sumber : YT Choco Yoandra

Ancaman bukannya tidak diberikan oleh tencent terhadap para cheater ini. Seperti halnya banned account 10 tahun, yang agaknya masih kurang berdampak terhadap hadirnya para cheater. Apakah tencent perlu memberlakukan banned device?

Baca Juga : “Cheat Suntik”, perusak lingkingan PUBG Mobile

Bagi yang masih tidak tahu, Pihak developer permainan sendiri, memiliki beberapa jenis banned yang bisa dilakukan. Selain banned account yang sudah diketahuo banyak orang, ada juga banned device.Cara kerja banned device sendiri, hampir sama dengan banned account. Apabila pada banned account, yang dibekukakan kebanyakan adalah email. Dimana, email ini sangat beperan penting sebagai identitas kalian, untuk masuk ke akun kalian. Sedangkan pada device, yang menjadi salah satu pengenal adalah IMEI. IMEI ini, seperti sebuah KTP, yang menjadi sebuah identitas dari mobile phone yang ada di dunia ini. Sehingga, setiap mobile phone, pasti memiliki nomor IMEI yang berbeda beda. .              

Tanpa kalian sadari, pihak game dapat melihat IMEI kalian masing masing. Membaca IMEI ini berasal dari mana? Tentu saja ketika kalian mensikronkan email di gadget kalian, terlebih ketika kalian memiliki akun seperi googleplay, secara tidak langsung juga akan mengambil informasi tentang handphone kalian (biasanya terdapat pada form privcy & policy di awal, yang sering kalian skip )

Banned account, dapat menjadi sebuah pilihan bagi tencent, untuk membasmi para cheater. Disamping, banned account juga mereka galakkan disaat yang bersamaan. Banned device, juga sudah dilakukan oleh salah satu developer besar, yakni Garena, di gim freefire mereka.

Baca juga : Ini Dia Top 3 Most Kills PMPL ID S2

Memang membutuhkan usaha yang sangat besar, untuk membasmi cheater dalam sebuah lingkungan gim. Namun, menurut orka, hal tersebut sepadan, mengingat jumlah player aktif pubg di berbagai dunia sangatlah tinggi. Jangan sampai player berganti ke gim lain, karena merasa lingkungan permaiannya sudah tidak nyaman. Dimana tentunya, berkurangnya pemaian, akan sangat berdampak ke berbagai hal. Tidak hanya kerugian dari pihak developer sendiri, yang kehilangan salah satu kran pemasukan mereka. Para player yang sudah terlanjur menghabiskan banyak dana untuk melakukan “Gatcha” di gim tersebut, juga akan ikut dirugikan

Suka berita ini? Share yuk

One thought on “Cheater semakin “Menggila”, jenis banned mana paling ampuh?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *