Free Fire vs PUBG, Mana Yang Lebih Baik?

Tampaknya tak habis kata untuk membandingkan antara 2 player game bergenre Battle Royale ini, Free Fire besutan Garena melawan PUBG Mobile milik Tencent. Game Battle Royale memang sedang populer di Indonesia, dan masih saja mendebatkan mana diantaranya yang paling bagus, akan selalu ramai dibahas. Namun kali ini Orkasport akan membahas secara “kepala dingin” mana yang lebih baik dari kedua aplikasi Battle Royale ini.

1. Game Play

Dari sisi ini, kedua game ini hampir sama. Semua game Battle Royale dimulai dari terjun ke medan laga dan dilanjutkan mencari senjata. Namun untuk pemain yang dapat bermain dalam 1 pertandingan, terdapat perbedaan di antara PUBG dan Free Fire.

Dalam PUBG Mobile 1 pertandingan dapan menampung 100 pemain. Banyaknya orang yang bermain membuat game ini menjadi semakin seru, namun berjalan agak lama. Sedangkan Free Fire hanya mengijinkan 50 pemain per pertandingan. Walaupun hanya 50 pemain, seharusnya tidak juga mengurangi keseruan game tersebut. Keuntungannya, pertandingan lebih cepat selesai sehingga pemain bisa bertanding berulang-ulang.

2. Grafis

Untuk Grafis, dengan sistem Unreal Engine PUBG mobile menampilkan grafis yang lebih halus dan nyata. Namun tentu ada dampaknya, dibutuhkan cukup banyak ruang RAM dalam gadget yang dibutuhkan untuk memainkan game PUBG mobile. Karena menggunakan RAM yang cukup besar, dibutuhkan gadget mid-range ke atas untuk memainkannya. Namun PUBG juga memberikan opsi untuk menurunkan kualitas grafis agar gadget tidak bekerja terlalu keras.

Berbeda dengan Free Fire yang menyajikan grafik yang lebih ke bentuk animasi, membuat game ini tidak membutuhkan ruang sebanyak PUBG. Serta tidak perlu perangkat spesifikasi dewa untuk memainkannya. Karena tergolong game yang cukup ringan, maka gadget low range sampai mid range sudah cukup untuk memainkan game ini.

Baca juga: Hape Spek Gahar Bikin Main Game Lo Makin Asyik

3. Karakter

Konsep PUBG mobile yang realistis menjadikan game ini tidak terlalu neko-neko dalam hal karakter. Desain karakter yang dibuat menarik hanya dengan set kostum. Sedangkan Free Fire, desain karakter yang banyak dan memiliki skill yang berbeda dari tiap karakternya, serta adanya hewan pilihan yang juga dapat memengaruhi jalannya pertandingan. Menjadikan daya tarik tersendiri untuk Free Fire.

4. Gaya Bermain

Free Fire menggunakan fitur auto aim untuk memudahkan para playernya untuk bermain, tak hanya itu Free fire juga memberikan damage tambahan untuk skin senjata mereka. Atau biasa disebut dengan sistem pay to win. Dimana player yang mampu membeli sebuah item dapat dengan mudah memenangkan game.

Sedangkan PUBG Mobile tidak menggunakan fitur seperti Free Fire. Konsep game realistis membuat kita harus membidik sasaran seakurat mungkin jika ingin menumbangkan lawan. Walaupun susah, namun bagi beberapa pemain fitur seperti ini sangat menantang. Tidak adanya sistem pay to win juga membuat game menjadi lebih adil karena hanya mengandalkan skill tiap masing masing player.

5. Peminat atau unduhan.

Diambil dari data 20 Agustus 2020, dari sudut peminat Free fire mendapatkan kurang lebih 500 juta pengguna dari appstore dan player store. Sedangkan PUBG Mobile hanya mendapat kurang lebih 100 juta pengguna.

Dari beberapa segi dan faktor diatas bisa dikatakan kedua game ini sama sama baik. Tinggal disesuaikan pengguna masing masing. Jika pengguna mampu bermain PUBG mobile dengan spesifikasi ponsel mereka, PUBG mobile mungkin menjadi yang Battle Royale terbaik. Namun jika ponsel pengguna tidak dalam spesifikasi terbaik, Free fire adalah game Battle Royale yang dapat dimainkan dengan berbagai fitur unik dan menarik didalamnya.

Suka berita ini? Share yuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *