Gimana Sih Spesifikasi Minimal Untuk Mainkan PUBG Mobile?

Dewasa ini, perkembangan PUBG Mobile terasa begitu besar. Grafis yang semakin detail, gameplay yang semakin beragam, skin skin senjata baru yang dimunculkan, belum lagi ditambah printilan printilan lain, yang sebenarnya apabila digabungkan membutuhkan jumlah Storage yang tidak kecil.

Belum lagi, apabila seluruh komponen tersebut digabungkan menjadi satu frame/tampilan pada saat bermain, tentu membutuhkan Processor dan RAM yang mumpuni, untuk dapat memberikan Interface permainan yang nyaman.

Lalu, yang menjadi permasalahan adalah, setelah adanya Update yang cukup besar kemarin, apakah ada perubahan terhadap spesifikasi minimal Handphone untuk digunakan PUBG Mobile? Jawabannya tentu saja ada.

Baca juga: Simak Ulasan Lengkap Update PUBG Mobile 1.0

Disini kita akan coba oprek, spesifikasi minimum Handphone untuk nyaman bermain PUBG Mobile dengan minimum kendala Lag, Rendering, atau Frame Drop. Ini juga bisa menjadi rekomendasi bagi kalian yang akan melakukan Upgrade Gadget kedepannya, selain dari berbagai refrensi di Youtube yang sudah sangat banyak.

Android

Gadget Mobile saat ini terbagi menjadi 2 jenis besar, Android dan IOS. Untuk Android sendiri, RAM yang dibutuhkan “Minimal” untuk bermain adalah 2 GB dan berjalan di Android 4.3, serta menggunakan prosesor QuadCore.

Tapi, jangan berharap dengan spesifikasi tersebut, kalian dapat menikmati interface  yang nyaman pada saat bermain, karena dengan spesfikasi tersebut hampir bisa dipastikan akan terjadi beberapa kendala, minimal grafis yang didapat akan sangat rendah (burik), serta sering terjadi Rendering (Tampilan loading), dan tidak menutup kemungkinan terjadi lag.

Mengingat akan update 1.0 Kemarin, sangat direkomendasikan menggunakan RAM dengan minimal 4 GB.

Selain RAM, yang terpenting adalah juga Processor, sebagai otak di HP Kalian, disarankan untuk menggunakan HP dengan processor Snapdragon 660/Setara, agar selain memberikan rasa nyaman, juga memberikan rasa aman untuk beberapa 1 / 2 kedepan, processor tersebut masih sanggup menerima Update yang  ada.

Akan lebih bagus lagi, apabila kalian langsung mengupgrade Handphone dengan Processor Snapdragon seri 700/Setara, seperti 720G/730G, dimana pastinya akan memberikan interface permainan secara Rill. Dengan spesifikasi terebut, masih bisa dikatakan Recomended untuk menjalankan PUBG Mobile 1.0

Grafik Rata Kiri

Untuk Line Up produk HP sendiri, saat ini sudah sangat banyak variannya. Apabila kalian memiliki Budget yang mepet, tapi ingin terus bermain dengan nyaman, kalian bisa memilih HP dengan processor Snapdragon 660/setara seperti Redmi Note 7, Realme 2 Pro, Vivo V11 Pro, Asus Zenfone Max Pro M2, yang saat ini mungkin harganya sudah berada angka 1 – 2 jutaan untuk Ram 4 GB.

Baca juga: Hape Spek Gahar Bikin Main Game Makin Asyik

IOS

Bergeser ke jenis sebelah, yakni IOS  Tentu saja, HP yang menjalankan Operating System IOS satu satunya adalah produk Apple.

Pada permainan PUBG Mobile sendiri, untuk IOS membutuhkan RAM yang jauh lebih kecil, yakni 1 GB. Hal ini memang menjadi salahs atu keunggulan IOS, dimana Operating System ini memiliki efisiensi yang sangat tinggi dalam hal pemrosesan data maupun aplikasi. Serta, minimal berjala di IOS 9, dengan prosesor minimal intel dual core 1.3 Ghz.

Pada IOS sendiri, sebenarnya hampir sama dengan di Android. Iphone 6+ pun, yang rilis sejak tahun 2015 juga “ Masih” bisa untuk bermain PUBG Mobile ini. Tapi, dengan catatan akan terjadi beberapa permasalahan seperti terkadang ditemui Lag, Rendering dan sebagainya.

Sumber gambar : YT Droidlime

Untuk Iphone sendiri, bisa dikatakan akan lebih “Direkomendasikan” dengna menggunakan series Iphone plus, dengan reasionalisasi layar yang lebih lebar sehingga memberikan kenyamanan pandangan yang lebih luas. Untuk segi RAM dan Processor, mengingat series HP Iphone sangatlah sedikit tidak seperti Android yang memiliki berbagai macam jenis. Iphone 7+ sudah bisa bermain PUBG Mobile dengan nyaman.

Penulis sendiri, bermain PUBG Mobile menggunakan series 8+, untuk segi grafik masih bisa di tingkat Smooth Extreme, dan minor terjadi Rendering, Frame Drop, dan tidak pernah terjadi lag ( kecuali masalah jaringan). Bagi yang ingin mencoba berhali ke IOS, Iphone 7+ bisa menjadi pilihan untuk upgrade gadget, terkhusus digunakan untuk PUBG Mobile.

Berikut sedikit penjelasan yang bisa kita berikan, semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin melakukan lompatan Upgrade, untuk dapat terus menikmati interface PUBG yang semakin lama semakin bagus dan smooth, tetapi juga membutuhkan HP dengan spesifikasi yang terus meningkat agar dapat mengimbangi apa yang sudah diberikan oleh Tencent. Segitu saja pembahasan kali ini, Salam Anti Lag!!!

Suka berita ini? Share yuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *