Ingat! Terlalu Lama Bermain Game Bisa Berakibat Fatal

PlayerUnknown’s Battlegrounds atau yang lebih kita kenal dengan PUBG adalah game Battle Royale yang sangat digandrungi gamers di seluruh dunia saat ini. Game yang merilis versi mobilenya pada tahun 2018 lalu  kini sudah mencapai kurang lebih 734 juta unduhan. Dengan kurang lebih 175 juta download, India menjadi negara dengan pengguna PUBG terbanyak.

Namun dibalik banyaknya pemain yang mengakses, di India mulai bermunculan beberapa keluhan dari masyarakat. Salah satunya adalah kasus ketagihan yang mengakibatkan kematian, hampir tiap tahun kasus seperti ini terjadi di India. Tak heran banyak masyarakat India yang khawatir akan keselamatan keluarganya saat bermain game tersebut.

Mendengar kabar dari negara terbanyak yang mengunduh gamenya ini, PUBG mobile merilis fitur “Gameplay Management” untuk mengatasi kecanduan game yang banyak terjadi di India, jiga di negara-negara lainnya. Dengan fitur ini para pemain akan dibatasi dan hanya akan bermain kurang lebih 6 jam dalam sehari, namun dapat kembali lagi di hari berikutnya.

Namun, fitur tersebut sepertinya bisa dengan mudah dikelabui, lantaran para pemain bisa memanipulasinya dengan mudah di menu pengaturan. Akibatnya remaja berusia 16 tahun asal Andhra Pradesh, India dilaporkan tewas setelah berhari hari tanpa henti bermain game PUBG mobile.

Diketahui, remaja tersebut mengalami dehidrasi parah karena tidak makan dan minum selama berhari hari. Kondisi yang sangat kritis membuat remaja tersebut harus dilarikan kerumah sakit. Setibanya di rumah sakit, remaja tersebut didiagnosa mengalami diare akut, dan harus segera menjalani operasi. Namun na’as, ia meninggal di tengah berlangsungnya penanganan tim medis.

Namun ironinya, kejadian yang hampir sama terjadi pada bulan Januari lalu . Dilansir dari kompas.com, seorang pria berusia 25 tahun bernama Harshal Memane dilaporkan meninggal dunia akibat stroke yang menyerang, ketika asyik bermain game PUBG Mobile.

Pria asal kota Pune, India, itu awalnya mengeluh tidak bisa menggerakkan lengan dan kaki kanannya. Setelah dilarikan ke rumah sakit terdekat, Harshal dinyatakan mengalami pendarahan hebat di bagian otak. Sayangnya setelah penanganan tim medis, Harshal tidak kunjung sembuh dan meninggal beberapa hari setelahnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari India TV News, Rabu (19/8/2020).

Sangat disayangkan game yang mampu membawa prestasi negara harus menerima citra buruk seperti ini. Dari kasus tersebut diharapkan kebijakan para pemain khususnya PUBG Mobile agar lebih bijaksana dalam mengatur porsi bermainnya. Jangan lupa untuk menegur teman sepermainan, karena kadang temang sepermainan yang didengar dibanding orang lain. Game memang asyik, tapi jangan sampai kita terlalu berlebihan memainkannya. Karena sesuatu yang berlebihan itu pasti tidak baik.

Suka berita ini? Share yuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *