Patch Baru, Apakah Gameplay MLBB Juga Baru?

Patch Mobile Legends terbaru sudah rilis secara resmi. Banyak perubahan yang diberikan oleh Moonton, selain seperti peningkatan segi grafis seperti biasa, perubahan logo logo pada item, yang tentu saja dibarengi dengan sedikit perubahan fugnsinya, serta detail detail lain.

Tidak hanya sebatas itu, Moonton membawa upgrade lebih jauh terhadap permainan gim terpopuler mereka, yakni Mobile Legends ini.

KB, Salah satu analisis pada MPL ID season ini, memberikan penjelasannya tentang kemungkinan apa yang dapat terjadi pada Patch terbaru ini. Dijelaskannya akan ada kemungkinan besar perubahan secara masif, khususnya tentang pola permainan. Dengan tidak mengandalkan hypercarry, seperti yang sekarang terjadi. Lalu, seperti apakah perbuahan yang terjadi? Simak dibawah ini

EXP Line dan Gold Line

Sumber gambar: Youtube KB Legends

Tidak seperti sebelumnya, akan ada perbuhan dari segi lining kedepannya di Mobile Legends. Dimana sebelumnya tidak ada pembeda dari ketiga line yang ada. Namun di patch kedepan akan ada perbedaan yang sangat besar dari Top Lane, Mid Lane serta Bottom Lane.

Top Lane, nantinya akan menjadi EXP Line. Dimana hero yang menempati posisi ini, akan mendapatkan extra EXP untuk mempercepat naik levelnya. EXP ini, didapatkan ketika hero melakukan Hit kepada Turret, yang akan memberikan Extra EXP kepada hero tersebut. Begitu pula dengan Gold line, Hero yang melakukan Hit pada turret di bawah menit ke 2, akan mendapatkan Extra Gold. Sehingga, akan memperkaya hero yang ada di bawah, dan mempercepat dalam pembelian item yang dibutuhkan.   

Baca juga: Mengupas Proyek Next, Cara Moonton Hadirkan Pengalaman Bermain Lebih Baik         

Perubahan Meta

Sumber gambar: Youtube KB Legends

Beberapa bulan ini, META (Most Effective Tactic) kebanyakan menggunakan HyperCarry, dimana ada satu hero yang secara cepat diproyeksikan untuk melakukan Farming secara cepat, dengan dikawal oleh 2 tank/support, agar dapat segera “Jadi” dan dapat memenangkan permainan.

Meta ini cukup membosankan bagi beberapa player, akan tetapi tidak ada pilihan lain karena patch sebelumnya membentuk seperti itu. Namun, dengan adanya patch terbaru ini, dan dengan hadirnya EXL dan Gold Lane, terdapat kemungkinan untuk kembalinya Meta “212”.

Dimana Mage berada di Top Lane untuk meningkatkan level secepatnya dari EXP, serta Marksman berada di Bottom lane, untuk mendapatkan Gold secara cepat. Serta terakhir Offliner berada di tengah untuk Clearing minions secapatnya.

Pun begitu, meta Hypercarry juga masih terdapat kemungkinan bisa digunakan, bergantung dengan playstyle masing masing pemain.Kita lihat saja, seperti apa META baru yang akan dibentuk, dengan adanya patch terbaru ini, yang dapat dikatakan, perubahan yang ada cukup major

Little Wonderer

Sumber gambar: Mobile Legends.com

Little Wonderer atau banyak yang menyebutnya pokemon air, di patch sebelumnya terdapat 2 buah, di kanan dan kiri. Serta apabila tidak ada Contest untuk memperebutkan ini, maka akan di bagi dua. Namun Patch terbaru hanya memberikan Little Wonderer sebanyak 1 buah saja, bergantian kanan dan kiri. Tentunya, hal ini akan membuat menarik karena akan ada pertarungan dari kedua tim, untuk mendapatkan ini. Mengingat, Little Wonderer cukup penting, untuk mendapatkan Extra XP dan Gold tambahan, agar lebih cepat mengisi pundi-pundi player.

Absorb Damage Turret

Sumber gambar: Youtube KB Legends

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa akan ada perubahan terhadap Laning Face antara Top Lane dan Bottom Lane, dimana akan ada pembagian EXP lane dan Gold Lane. TIdak berhenti sampai disitu, Moonton memberikan kejutan baru, yakni Turret akan mendapatkan Absorb Damage, sehingga tidak mudah dihancurkan oleh musuh.

Namun, Absorb damage ini, juga berfungsi sebagai musuh, apabila dibawah menit ke 2, musuh menghancurkan absorb damage dengan Hit turret, maka mereka akan mendapatkan EXP/Gold ekstra yang dijelaskan tadi.

Sehingga, dapat dikatakan musuh sekarang tidak bisa meremehkan untuk tidak melakukan Hit Turret di awal Game, karena akan memberikan mereka pemasukan Ekstra. Meskipun, damage yang mereka serang, tidak bisa hancur. Akan ada 2 pilihan bagi player nantinya, mendapatkan Gold/EXP dari hit turret, atau mengindahkan saja, dan fokus untuk jungle di wilayah mereka untuk mendapatkan Gold/EXP.

Durasi Game

Memang, durasi dari setiap permainan tidak ada yang bisa memprediksi akan berjalan seperti apa. Namun, apabila dianalisa lebih jauh, secara teoritis akan bisa terlihat. Moonton, dengan patch terbarunya, seakan akan membawa game untuk dibuat “Objective”, dengan secepatnya menyerang turret musuh, dan diberikan imbalan Extra EXP/Gold kepada player yang melakukannya.

Sehingga, dari hal tersebut, dapat diprediksikan permainan akan berlangsung lebih cepat. Karena alih alih pemain melakukan jugling, untuk mendapatkan EXP dan Gold. Mereka lebih memilih untuk menyerang turret, yang pada patch terbaru juga akan memberikan hal yang sama.

Namun, perlu diingat masih banyak kemungkinan, mengingat adanya perbedaan playstyle permainan dari setiap player. Sehingga, hal ini cukup menarik untuk ditunggu. Pola permainan apa yang paling efektif dan efisien nantinya di patch ini.

Pool hero dan banyak gameplay aru

Sumber gambar: Youtube KB Legends

Kemudahan mendapatkan EXP dan Gold, tidak berhenti sampai disini saja. Akan ada pool-pool hero baru yang jarang muncul, dengan patch seperti ini akan kembali ke permukaan. Hero hero yang memiliki ketebalan HP tinggi akan bisa diandalkan untuk menjaga Top Lane secara solo, sehingga mempercepat untuk naik level dengan adanya EXP ekstra.

Itu dia beberapa kemungkinan yang akan terjadi di Patch terbaru ini. Namun, hal diatas masih menjadi kemungkinan. Kita lihat saja, seperti apakah pola permianan dan META yang ada nantinya. Dimana, di week ini, MPL dan MDL sudah menggunaakn patch terbaru, yang bisa saja akan terjadi perubahan rencana dan pola permainan dari tiap Tim.

Kalian sendiri, apakah sudah siap dan beradaptasi dengan Patch Mobile Legends yang baru? Atau justru kalian sudah menemukan META yang pas? Tulis di kolom komentar di bawah ya.

Suka berita ini? Share yuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *