Pembenahan Matchmaking, apakah sudah maksimal?

sumber : Youtube Mobile Legends Bang Bang Indonesia

Moonton melakukan perombakan besar besaran, tidak hanya dari hero, pembenahan pada sistem matchmaking juga tidak luput dari perbaikan. Selama ini, memang kita sering dikesalkan dengan matchmaking yang dibuat oleh Moonton, khususnya solo player. Tidak jarang para solo player, bertemu dengan musuh yang bermain 3 atau bahkan 5 orang, tentu saja musuh sudah menang dalam banyak hal, yakni sinkronisasi antar pemain karena sudah terbiasa bermaian bersama. Ataupun, musuh bisa berkomunikasi lebih mudah, dibandingkan kita yang bermain solo player.

sumber : Youtube Mobile Legends Bang Bang Indonesia

Sebab itu, moonton mengeluarkan sebuah sistem matchmaking baru. Dimana, sistem ini membuat para pemain yang bermain sendirian atau solo player, maka juga akan bertemu dengan para solo player. Kemungkinannya dibuat semakin kecil oleh moonton, untuk bertemu dengan musuh yang bermain secara tim. 

Baca Juga : Resmi, Inilah Hasil Play Off Bracket, MPL Season 6

Selain itu, Moonton juga melakukan perbaikan dari segi performa tim yang akan ditemui. Baik musuh atau tim yang bersama kalian nanti, dibuat tidak jauh berbeda dengan performa yang kalian miliki. Sehingga, moonton mengklaim mengurangi kemungkinan terdapat teman yang feeder di tim kalian, ataupun performa musuh yang jauh diatas kalian. Moonton sendiri menjelaskan, performa ini dilihat dari beberapa aspek.

Pertama performa seluruh season, sehingga menilai performa kalian secara penuh pada saat kalian pertama kali bermain Mobile Legends. Kedua, ada performa Season saat ini, yang tentu saja performa kalian di season berjalan. Serta terakhir, performa pertandingan terkahir yang kalian jalani. Seluruh penilaian performa tersebut, diberikan sebuah nama oleh Moonton sebagai “Medal Point”. Sehingga kalian akan bertemu dengan musuh atau teman setim, yang “Medal Point”nya tidak terlalu jauh.

Sumber : Youtube Mobile Legends Bang Bang Indonesia

Tidak hanya dari segi performa saja, Moonton juga mengklaim memperbaiki matchmaking dari segi Rank yang kalian miliki. Sehingga, rank Epic, tidak akan bertemu dengan Rank Mythic. Kecuali, hal tersebut di mode Classic. Karena dalam mode tersebut, tidak terdapat batasan rank pada saat bermain bersama.

Memang, dari penjelasan diatas, terdapat proses yang cukup panjang dan rumit hanya dari sebuah matchmaking. Namun, matchmaking sendiri sangat berperan besar dalam berjalannya sebuah pertandingan. Moonton sendiri juga menjelaskan, bahwa diberlakukannya sistem matchmaking yang lebih kompleks ini, pasti akan mempengaruhi terhadap durasi yang dibutuhkan, untuk menemukan musuh yang tepat. Karena, membutuhkan waktu yang lama, untuk dapat menemukan tim musuh, yang sama dan seimbang. Meskipun begitu, moonton berusaha untuk mencari jalan tengah yang seimbang antara durasi matchmaking dan persamaan performa.

Adanya sistem ini, memang sebuah hal yang positif. Terlebih ketika kalian bermain solo, dan bertemu teman teman yang dapat dikatakan “Feeder”. Selain membuat frustasi, Rank kalian lama kelamaan juga akan ikut turun, sehingga sangat merugikan. Diharapkan, adanya sistem ini menjadi formulasi tim dan musuh, jadi lebih baik.

Pengalaman penulis sendiri, saat ini untuk matchmaking memang terasa lebih lama, dibandingkan season season sebelumnya. Namun, player yang performanya jauh dibawah kita, sehingga berasa seperti harus “nggendong” seluruh tim, dan itu sangatlah berat. Semoga sistem matchmaking yang sudah diklaim berdasarkan performance, bisa semakin ditingkatkan.

Bagaimana menurut kalian, terhadap sistem matchmaking terbaru ini? Tulis di komentar ya
Bagi kalian yang ingin melihat lebih jelas, bisa mengunjungi youtube channel dari Mobile Legends Bang Bang Indonesia melalui link di bawah ini

Baca Juga : MLBB Tips : Kesal sama Ling? Simak Hero Counternya

Suka berita ini? Share yuk

2 thoughts on “Pembenahan Matchmaking, apakah sudah maksimal?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *