PMGC Akankah Dilakukan Secara Online?

PMPL Indonesia dan  juga PMPL Asia Tenggara juga sudah selesai dilaksanakan. Tim dari Indonesia semakin berjaya di laga internasional. Sekarang, saatnya kita melangkah ke turnamen yang jauh lebih tinggi lagi dari PMPL Asia Tenggara, yakni PMGC atau PUBG Mobile Global Championship. Dimana akan dilaksanaan di bulan November ini.

Akan tetapi, yang menjadi masalah adalah pandemi dari Covid 19 ini masih belum ada indikasi sedikitpun untuk mereda. Sehingga, akan sangat sulit untuk dilakukan meakukan PMGC ini secara Offline. PMGC sendiri, akan mempertemukan berbagai tim dari 16 Benua yang berbeda, serta labih dari 150 negara yang berbeda. Dengan adanya pandemi covid 19 di seluruh negara, dengan resiko mereka masing masing. Apabila dilakukan secara offline, akan sangat membahayakan kesehatan para pemain yang ikut bertanding.

Kemungkinan besar untuk diselenggarakan secara online, membuat PMGC ini bukan start dari season 1. Melainkan, pihak tencent menamakan PMGC Season 0 (Zero), karena masih belum bisa dilakukan secara optimal, dalam artian secara offlinei dan berbagai negara berkumpul menjadi satu di sebuah venue yang megah.

Sumber : Instagram AerowolfEsport

Memang, saat ini mungkin kita sudah terbiasa dengan berbagai turnamen yang dilakukan secara Online. Sebut saja seperti PMPL ID Season 2 kemarin. Lalu ada  turnaman dari MPL, sejak pertengahan season 5 hingga season 6 kemarin yang dilakukan secara full online. Akan tetapi, ada ancaman besar yang mengintai dari para anggota nanti apabila turnamen benar benar dilakukan secara Online. Sama seperti MPL, Tencent mengkhawatirkan akan terjadi lag yang sangat parah. Terlebih, setiap tim berasal dari beragai negara yang berbeda, serta jarak untuk menjangkau server juga berbeda beda. Maka, akan sangat merugikan bagi para tim, yang berada jauh dari server turnamen yang disediakan oleh pihak tencet. Secara mudahnya, kita terbiasa bermain PUBGM dengan menggunakan server Asia. Ketika kita menggunakan server lain yang lokasinya jauh dari kita, seperti server Amerika atau Server Eropa, kita akan mendapatkan “ping” yang jauh lebih tinggi, dibandingkan dengan bermain di server Asia. Karena letak Indoensia, lebih dekat dengan server Asia, sehingga internet tidka begitu

Baca Juga : Rayakan Kesuksesan PUBG Mobile Pro Season 2, PUBG Mobile Luncurkan Event Baru

perlu bekerja keras, untuk mengakses server Asia tersebut. Begitu pula sebaliknya, koneksi kita perlu waktu yang lama, karena jarak server yang cukup jauh dari Inonesia. Kurang lebih gambaran “Kasar”nya adalah seperti itu.

Sumber : Instagram bigetron Esport

Memang, sebuah turnamen akan dikatakan “Fair”, ketika dilakukan secara Offline. Karena setiap tim memiliki Source yang sama dalam segi konektivitas, serta ketika terjadi masalah tekhnis mudah untuk berkoordinasi. Mungkin pihak PUBG bisa menirtu sistem dari MPL Indonesia di babak Play off kemarin. Dengan sistem offline, namun dimasukkan kedalam ruang ruang yang berbeda setiap timnya.

Baca Juga : Bigetron RA, Menjadi Tim Tersukses Di Esport PUBGM

Kita tunggu saja keputusan dari pihak Tencent terkait PMGC Season 0 ini nanti seperti apa. Dimana PMGC ini sendiri, masih tersisa cukup waktu, di bulan depan. Sehingga masih ada waktu untuk persiapan panitia PMGC atau waktu beristirahat bagi para player yang ikut berpartisipasi. Indonesia sendiri mengirimkan 2 tim ke PMGC yakni Bigetron Red Aliens serta tim Aerowolf.

Suka berita ini? Share yuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *