PUBG Tingkatkan Spectate System Untuk Basmi Cheater

Sebuah game, baik offline maupun online, tidak akan bisa terlepas dari banyaknya player yang mencoba untuk bermain secara curang atau biasa disebut dengan ngecheat. Fenomana ini sulit sekali diberantas, karena minat manusia untuk mendapatkan hal secara mudah dan instant, sehingga perkembangan tekhnologi untuk mencurangi juga akan selalu berkembang seiring dengan perkembangan game itu sendiri.

TIdak terkecuali pada permainan sejuta umat, PUBG Mobile, yang banyak sekali cheater didalamnya. Bahkan, pada platform Youtube dijelaskan secara gamblang untuk melakukan trik ini, tentunya jangan kalian tiru ya cara tersebut.

Menyikapi hal tersebut, tentu saja Tencent Gaming tidak tinggal diam. Mereka tidak hanya melakukan Banned massal, tapi juga meningkatan progamspectate milik mereka. Seperti dilansir dari pubgmobile.com, Tencent menjelaskan bahwa untuk kedepannya, para player akan dapat melihat rekan mereka atau bahkan musuh, dengan tampilan sama persis dengan apa yang player lihat.

Mudahnya, ketika kalian terbunuh oleh A, ketika kalian memilih untuk spectate A, maka yang kalian akan sama persis dengan apa yang dilihat oleh A di Device mereka. Ketika A melakukan sebuah kecurangan dengan melakukan plug-in tembus pandang misalnya, maka kalian juga akan dapat melihat hal tersebut. Kurang lebih seperti itulah nanti system Spectate yang akan dikembangkan.

Sumber gambar: Youtube Levinho

Secara lebih kompleks, PUBG Mobile juga menjelaskan prinsip Spectate mereka kedepannya. Dimana terdapat 3 subjek, Host (orang yang bermain), Game Server, dan Spectator. Tencent beranggapan bahwa seorang cheater kebanyakan menggunakan 2 device Handphone, dimana HP pertama bermain dengan biasa dan HP kedua dilengkapi dengan plug-in cheat, yang kebanyakan menggunakan X-Ray system atau tembus pandang.

Disini, sistem akan menentukan apakah dari salah satu handphone tersebut melihat player/musuh atau tidak secara rill time. Apabila server game mengindikasikan salah satu device dapat melihat musuh secara tembus pandang, maka server mengindikasikan bahwa adanya plug in penggunaan cheat.

Baca juga: 2 Juta Akun Dibanned Pihak PUBG Mobile Karena Cheat!

Secara nalar memang susah dan akan banyak merugikan player apabila terdapat salah tafsir oleh pihak server game sendiri. Maka dari itu, Tencent masih mengembangkan prosedur ini secara berkala, sebelum diluncurkan ke publik. Kita tunggu saja perkembangan system ini nantinya. Karena belakangan ini, cheat tidak menjadi sebuah hal yang tabu, malah melainkan menjadi sebuah gengsi terbaru yang sebenarnya sangat tidak baik untuk kesehatan lingkungan permainan.

Tidak jarang, ada beberapa influencer (read:youtuberGaming), yang terindikasi menggunakan cheat dan akun mereka terforceclose atau bahkan terbanned ketika melakukan Live Streaming. Bagi kalian, bisa menggunakan hak kalian untuk “Tidak Menonton” video atau Live Stream mereka yang memang terindikasi menggunakan cheat, agar tidak menimbulkan pasar. Karena Cheat dan sejenisnya, memang muncul karena ada pasar (Orang yang menginginkannya) untuk muncul dan digunakan.

Baca juga: MORPH Zaay4s Gunakan Cheat?

Lebih jelas terkait System Spectate terbaru ini, kalian bisa melihat di laman resmi pubgmobile.com/news.

Salam Anti Cheater

Suka berita ini? Share yuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *