Sah! Esports Resmi Jadi Cabang Olahraga Prestasi Di Indonesia

Esports kini telah resmi menjadi cabang olahraga prestasi untuk turnamen olahraga di Indonesia. Peresmian ini dibawah naungan lembaga Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI). Hal ini diputuskan dalam Rapat Kerja Nasional KONI Pusat 2020 secara virtual yang melibatkan Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) pada 2-27 Agustus 2020.

“Esports Indonesia dibawah Kepemimpinan Ketua Umum Bapak Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si. dan Ketua Harian Indonesia Komjen. Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum. sudah resmi menjadi Cabang Olahraga Prestasi di Indonesia sesuai UU yang berlaku di Indonesia,” tulis pihak PBESI melalui akun Instagramnya.

Artinya, esports akan menjadi salah satu cabang resmi di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON). Selain itu Pengurus Besar esports Indonesia (PB ESI) akan berfokus mencari bibit-bibit unggul di Indonesia yang siap berkompetisi di nasional dan internasional.

Baca juga: Diikuti Lebih Dari 14 Ribu Peserta, Piala Menpora Esports 2020 Dibuka

“Dengan resminya Esports di Indonesia sebagai Cabang Olahraga Prestasi dibawah naungan PB ESI , kami akan berfokus kepada Visi dan Misi Utama kami di ranah Olahraga Esports di Indonesia, yaitu mencari bibit-bibit unggul di Indonesia yang siap berkompetisi di Nasional dan Internasional, Memajukan Esports Tanah Air, Bertugas dan Bertanggung jawab sebagai Organisasi yang menaungi seluruh Ekosistem Esports di Indonesia yg lebih terarah lagi sesuai dengan Visi dan Misi kami bersama,” pernyataan dari PBESI.

Dengan begitu, peresmian ini menandakan bahwa esports di Indonesia semakin maju. Sebelumnya, esports sendiri sudah kerap diperlombakan di berbagai kompetisi nasional dan internasional. Pada 2018 lalu misalnya, tercatat dalam sejarah, esports untuk pertama kali dipertandingkan di event olahraga multi-cabang sebesar Asian Games.

Suka berita ini? Share yuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *