Starlest Esports, Tim Asal Makassar Yang Berawal Dari ‘Musuhan’

Esports kini tak hanya diminati oleh para gamers di Jakarta saja loh. Kini di beberapa daerah lain juga sudah berkembang, mulai dari tersedianya tempat khusus gaming, turnamen lokal hingga berdirinya tim-tim eSports yang diperhitungkan di level nasional.

Salah satunya datang dari kota Makassar, Sulewesi Selatan yang bernama Starlest Esports. Tim beranggotakan lima orang ini mendadak tenar sejak menyabet gelar juara turnamen game Mobile Legends di Piala Presiden 2019. Mereka berhasil menjadi juara usai mengalahkan Soldier 57 di grand final.

Tim ini digawangi oleh Alfian “Alcatraz” Anugerah, Amal “Mal” Sulhan, Irfandhi “Zoeybit” Bakri, Luthfi “Tanky LA” Alfianto, Muhammad “Vanguard” Ilham, Syaiful “Fox”. Diantara mereka ternyata Muhammad “Vanguard” Ilham dan Syaiful “Fox” adalah adik kakak.

Dilansir dari berbagai sumber, tim ini ternyata terbentuk karena sering main bareng Mobile Legends. Bahkan mereka saling kenal saat turnamen eSport lokal di Makassar. Kala itu, mereka belum satu tim. Kemudian mereka bergabung hanya untuk mengikuti turnamen Piala Presiden Esports 2019. Sayangnya, tim Starlest kurang cukup eksis di sosial media sehingga agak sulit dicari informasi terkini.

Walau demikian, tim Starlest ternyata sudah didukung penuh oleh pemerintah setempat. Mengutip dari laman resmi pemerintah Sulawesi Selatan, Gubernur Sulsel, HM Nurdin Abdullah memberikan dukungan sepenuhnya kepada Tim Starlest eSport. Lalu Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfo SP) Sulsel, Andi Hasdullah mengatakan di Sulsel, ada sekitar 700 tim yang aktif memainkan game online Mobile Legend. Pemprov Sulsel akan mensupport karena segmennya cukup besar dan bisa menjadi lapangan pekerjaan serta sumber pendapatan baru bagi yang menekuni.

Untuk diketahui, Piala Presiden Esports 2019 diinisiasi oleh Staf Presiden, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Badan Ekonomi Kreatif bersama-sama dengan IESPL sebagai pihak penyelenggara. Ada 16 tim yang bertanding, terdiri dari delapan tim kualifikasi regional dan delapan tim penyisihan nasional. Mereka bertanding pada 30-31 Maret 2019 di Istora Senayan, Jakarta.

Tim yang masuk dalam kategori penyisihan nasional, yakni Onic Esports, Aerowolf, PSG.RRQ, AlterEgo. Lalu Louvre Juggernaut, Capcorn, SFI Critical, Evos Esports. Sementara tim regional terdiri dari Professional Esports (Palembang), ROC Esports (Bali), Revo (Surabaya), Starlest (Makassar). Kemudian Star8 (Manado), Nazone Gaming (Solo), Cupu (Pontianak), dan Humble (Bekasi).

Suka berita ini? Share yuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *