Week 8, Saatnya Set Lawan Di Play Off MPL

Perjalanan Regular Season MPL masih belum selesai, masih ada week 8 untuk menutup regular season dan menentukan siapa yang akan lolos dan tidak ke babak selanjutnya, yakni play off.

Namun, di week 7 sudah cukup untuk bagi 2 tim ini untuk lolos ke babak selanjutnya. Mereka adalah Alter Ego dan Onic karena menempati peringkat 1 dan 2 di klasemen, dan memiliki poin yang tidak mungkin bisa disusul peringkat di bawahnya.

Untuk sementara, inilah leaderboard di Week ke 7 MPL kemarin

Sumber gambar: MPL.ID

Dan mereka sebagai penghuni peringkat 1 dan 2 ini bisa sedikit bersantai, karena hanya akan menunggu siapa pemenang dari partai sebelumnya. Lalu tim yang kalah nanti, akan terdepak dari UpperBracket. Meskipun, nantinya mereka masih memiliki kesempatan dari lolos di Lower Bracket.

Pada Babak Play Off, nanti akan diundi berdasarkan posisi tim di Leaderboard Regular Season. Week ke-8 sudah bukan menjadi penentuan siapa yang lolos dan tidak lolos dari regular season. Akan tetapi, sudah menjadi strategi selanjutnya dari tim.

Kenapa demikian? Karena di week ke 8 nanti akan tinggal menentukan “Tim Apa” menghadapi “Tim Apa”. Ini bentuk strategi yang perlu dipikirkan oleh tiap tim, karena mempertimbangkan kemampuan dari tim lawan yang akan mereka hadapi nantinya. Sehingga, mengecilkan kemungkinan mereka untuk terdepak, dan turun ke lower bracket.

Bagi kalain yang belum paham, mungkin sistem play off di MPL akan sedikit membingungkan . Apabila tidak ada perubahan, alias sama dengan season 5 sebelumnya, maka skema yang ada akan seperti ini:

Sumber gambar: internal

Dari sistem seperti ini, berakibat setiap tim perlu mempertimbangkan chance tim siapa yang akan mereka temui nantinya. Tim yang berada di peringkat 1 dan 2 Leaderboard, juga belum tentu memiliki posisi aman. Banyak tim-tim yang menjadi underdog, justru berhasil menjuarai MPL.

Seperti pada saat awal MPL digelar, NXL yang menjadi tim underdog, justru dapat menjadi juara.

Evos sendiri, pernah turun ke lower bracket, dan berhasil kembali naik dan memenangkan MPL setelah mengalahkan RRQ di final. Di babak play off MPL, semua bisa terjadi. Tim-tim besar yang memiliki track record positif di regular season, belum tentu memiliki nasib yang sama baiknya di babak play off.

Baca juga: Apakah Xinn Menjadi Juru Kunci Kemenangan RRQ?

Sementara, di dasar klasemen. Aura Fire dan GeekFam yang harus ikhlas untuk tidak dapat berlanjut ke play off MPL S6 ini, karena meskipun mereka bisa mengamankan poin penuh di Week ke 8, jarak poin di leaderboard sudah terlalu jauh dari posisi 6. Sehingga sudah tidak memungkinkan kembali untuk bisa lolos dari regular season.

Gimana, seru kan MPL S6 regular season kali ini. Berdoalah untuk tim tim yang kalian dukung, agar dapat membawa tren positif di play off nanti. Serta yang memang sudah memiliki track record positif dari regular season, semoga dapat mempertahankan performa terbaik mereka.

Suka berita ini? Share yuk

One thought on “Week 8, Saatnya Set Lawan Di Play Off MPL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *